1
6

Praktik Penyembelihan Kurban di SMAN 6 Bandung

Praktik Penyembelihan Kurban di SMAN 6 Bandung

 

Praktik Penyembelihan Kurban di SMAN 6 Bandung

 

Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Bandung menggelar praktik p

enyembelihan hewan kurban di halaman SMAN 6 Bandung, Jln. Pasir Kaliki No. 51, Kota Bandung, Senin (12/8/2019). Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Raya Iduladha yang merupakan hari besar umat muslim di seluruh dunia.

Sebanyak 6 ekor domba dan 1 ekor sapi berhasil disembelih, dengan melibatkan keluarga besar SMAN 6 Bandung. Acara ini juga sebagai implementasi pendidikan karakter Jabar Masagi, yakni menumbuhkan manusia yg belajar untuk merasakan (nitisurti), mengetahui (nitiharti), melakukan (nitibukti), dan bisa merasakan hidup bersama (nitibakti).

Hal tersebut disampaikan Staf Humas SMAN 6 Bandung, Nuniek B.M. Ia berharap,

kegiatan ini bisa menumbuhkan karakter siswa yang memiliki sikap peduli terhadap sesama, memupuk jiwa sosial serta mendidik jiwa rela berkorban harta dan tenaga. “Momen Iduladha ini memang identik dengan berkurban, mulai dari harta hingga tenaga serta harus bisa menyeimbangkan dengan kehidupan kita di akhirat nanti,” ujarnya.

Siswa juga, lanjutnya, bisa memberikan tenaga dan pikiran semata-mata mengharap rida Allah SWT. Termasuk bekerja sama dan bertanggung jawab dalam pembagian daging kurban. Karena, berkurban juga menjadi salah satu ciri keislaman seseorang.

“Ibadah kurban menjadi bentuk ketakwaan kita terhadap Allah SWT

karena perintah berkurban telah termaktub dalam Alquran. Hal tersebutlah yang kita terapkan kepada siswa SMAN 6 Bandung,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Nuniek, sekolah juga memberikan pembelajaran kepada siswa bahwa rezeki yang diperoleh tidaklah mutlak untuk diri sendiri, melainkan ada hak orang lain yang membutuhkan. Allah selalu menganjurkan kita untuk bersedekah dan ingat kepada sesama.

“Nah, kurban jadi bentuk sedekah dalam arti yang lebih luas. Karena, dengan berkurban, orang lain pun dapat merasakan kebahagiaan atas apa yang telah kita dermakan,” ujarnya.***

 

Sumber :

https://dogetek.co/syarat-dan-rukun-shalat/