4

PPDB Harus Disiapkan Bersama

PPDB Harus Disiapkan Bersama

PPDB Harus Disiapkan Bersama

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 harus disiapkan dengan matang.

Sehingga proses tersebut harus dilakukan bersama oleh seluruh penyelanggara pendidikan di seluruh tingkat satuan pendidikan.

“Tugas kita sebagai penyelenggara pendidikan adalah mempersiapkan peserta didik baru, baik di kabupaten kota dan provinsi, sesuai dengan regulasi PPDB yang berlaku,” ujar Sekretaris Dinas Pendidikan Jawa Barat, Firman Adam dalam rapat koordinasi persiapan PPDB tahun 2019 di Aula Dewi Sartika, Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat, Jalan Radjiman nomor 6, Kota Bandung, Jumat, (1/2/2019).

Rapat tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/kota se-Jawa Barat,

Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP se-Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Mts se-Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Sekdis mengatakan, diundanganya penyelenggara pendidikan tingkat SMP merupakan lanjutan dari persiapan PPDB di tingkat Sekolah Menengah Atas. Selain itu, melalui rapat tersebut, Sekdis mengarapkan ada masukan dan saran dari penyelenggara pendidikan guna proses pembuatan aturan PPDB tahun 2019.

Sekdis pun mengimbau, visi utama dalam proses PPDB ini adalah untuk melayani

dan memberikan akses pendidikan kepada seluruh peserta didik. “Regulasi PPDB harus jadi pedoman dan diimplementasikan di lapangan dengan tujuan agar semua anak bisa masuk sekolah,” tambahnya.

Namun, masih menurut Sekdis, regulasi tersebut akan diselaraskan dengan kebijakan di daerah. “Nanti kita akan terjemahkan ke dalam bentuk teknisnya, nanti akan ada rapat lanjutan lagi bersama bapak dan ibu,” tuturnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto menyambut baik kegiatan rapat tersebut guna menjadi wadah koordinasi antara disdik provinsi dan disdik daerah. Purwanto pun menyaran agar segera dirancang rencana jangka panjang tentang penerapan sistem zonasi dalam PPDB.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/