1
5

Pengertian Laras bahasa

Pengertian Laras bahasa Dan Penjelasannya

Pengertian Instrumen Tes

Pengertian Laras bahasa

Laras bahasa adalah salah satu daripada aspek sosiolinguistik yaitu mengenai bahasa dan penggunaannya. Bahasa sentiasa mempamerkan perbedaan dalam penggunaannya yang boleh dikatakan sebagai ragam bahasa. Dalam ilmu sosiolinguistik, ragam bahasa di istilahkan sebagai register atau laras ( Hudson, 1980,hlm. 48) yaitu satu istilah teknik untuk menerangkan perlakuan bahasa (linguistik behaviour) seseorang individu apabila bahasa digunakan.

Perbincangan mengenai laras bahasa tidak terlepas daripada membincangkan dua konsep, yaitu pengguna dan penggunaan. Pengguna adalah orang yang menggunakan bahasa yang menyebabkan wujudnya dialek. Contohnya adalah seperti dialek Kelantan, Melaka, Kedah, Sarawak dan sebagainya.

Penggunaaan

Penggunaaan adalah bagaimana sesuatu bahasa itu digunakan secara berbeda-beda dalam berbagai situasi. Penggunaan bahasa yang berbeda-beda ini melahirkan laras yaitu penggunaan bahasa yang berbeda-beda berdasarkan situasi dan faktor lain yang melahirkan kata-kata yang berbeda mengikut keadaan. Misalnya kata-kata yang digunakan untuk bergurau senda adalah berbeda daripada kata-kata yang digunakan untuk menyampaikan sesuatu ucapan. Oleh itu, bolehlah dirumuskan bahwa penggunaan bahasa yang berbeda-beda berdasarkan faktor-faktor sosial seperti keadaan dan tempat, disebut juga laras bahasa atau laras sosial. Penggunaan bahasa yang berbeda-beda mengikuit faktor geografi atau daerah disebut sebagai dialek daerah.

Laras bahasa

Laras bahasa boleh didefinisikan sebagai gaya atau cara penggunaan sesuatu bahasa. Sesuatu laras bermaksud variasi yang ada pada tiap-tiap penutur. Laras bahasa biasanya berubah-berubah mengikut situasi. Ciri-ciri laras yang penting ialah perbendaharaan kata, susunan ayat, dan frasa yang digunakan. Sesuatu laras tertentu digunakan untuk keadaan atau situasi tertentu.

Ketika bahasa itu berada pada tataran fungsi bahasa ekspresi diri dan fungsi bahasa komunikasi, bahasa yang digunakan masuk kedalam ragam bahasa dan laras bahasa.Pada saat digunakan sebagai alat komunikasi, bahasa masuk dalam berbagai laras sesuai dengan fungsi pemakaiannya. Jadi, laras bahasa adalah kesesuaian antara bahasa dan pemakaiannya. Dalam hal ini kita mengenal iklan, laras ilmiah, laras ilmiah populer, laras feature, laras komik, laras sastra, yang masih dapat dibagi atas laras cerpen, laras puisi, laras novel, dan sebagainya. Setiap laras memiliki cirinya sendiri dan memiliki gaya tersendiri. Setiap laras dapat disampaikan secara lisan atau tulis dan dalam bentuk standar, semi standar, atau nonstandar.Berdasarkan fungsi pemakaiannya, bahasa dibedakan menjadi beberapa bentuk laras bahasa diantaranya adalah laras bahasa iklan,laras bahasa ilmiah, laras populer dan lain-lain. Namun, sebelumnya tahukan Anda apa yang dimaksud dengan laras bahasa?.

Bahasa lisan dalam situasi tidak resmi/santai, pembicara biasanya menggunakan kata-kata tidak baku karena kecenderungan pembicara membahas masalah-masalah umum. Karena itu, pilihan kata yang digunakan pun merupakan kata-kata umum atau yang disebut kata populer.

Bahasa lisan dalam suasana resmi seperti kuliah, diskusi, seminar, dan ujian lisan pemakai bahasa diharapkan lebih banyak menggunakan kata-kata baku di samping kata tidak baku. Hal ini dimungkinkan karena dalam suasana resmi sekalipun, ragam bahasa lisan mengizinkan pemakaian seperti itu, mengingat komunikasi berlangsung cepat dan spontan. Oleh karena itu larah yang digunakanpun berbeda dengan saat berbicara biasa.

Sumber : https://www.ilmubahasainggris.com/