1
6

Pengertian Etika , bisnis dan etika bisnis

Pengertian Etika , bisnis dan etika bisnis

Pengertian Etika , bisnis dan etika bisnis

Secara etimologi ,etika berasal dari bahasa Yunani kuno ethos yang berarti sikap , cara berpikir ,kebiasaan,adat ,akhlak, perasaan ,watak kesusilaan. Ethos dalam bentuk jamak yaitu ta-etha mempunyai arti adat kebiasaan. Dari kata inilah terbentuk istilah etika yang telah dipakai oleh seseorang filsafat besar yunani,Aristoteles (384-322 SM) untuk menunjukkan filsafat moral. Kata ethos identik dengan kata moral (dari bahasa latin mos) yang berarti juga adat atau cara hidup. Dalam kamus besar bahasa Indonesia ,etika mempunyai arti:

Ø  Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)

Ø  Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak

Ø  Nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.

Ahli filsafat membagi teori etka kedalam tiga bahasa umum , yaitu metaetika,etika normatif, dan etika terapan. Metaetika menjelaskan dari mana prinsip etika berasal, dan apa maksud adanya etika. Metatika fokus  pada kebenaran yang universal, kehendak tuhan ,perena reason dalam penilaian etika, dan maksud atau arti dari etika itu sendiri. Pengertian etiak normatif lebih praktikal, yaitu standar moral yang mengatur prilaku salah atau benar. Sedangkan etika terapan mengulas isu-isu kontroversial seperti aborsi, infantisida, hak hidup hewan (terutama yang langka),perusakan lingkungan, homoseksualitas, perang nuklir.

Pengertian etika berbeda dengan etiket. Etiket berasal dari bahasa prancis”etiquette” yang berarti tata cara pergaulan yang baik antara sesama manusia. Etika berhubungan dengan kewajiban moral,tanggung jawab, keadilan sosial. Moralitas adalah doktrin atau sistem prilaku moral dalam berprilaku sesuai ajaran agama atau filosifi hidup. Hukum mengacu pada kode formal yang mengijinkan atau melarang prilaku berdasarkan etika dan moralitas. Sedangkan yang dimaksud norma adalah suatu pranata dan nilai mengenai baik dan buruk.

Bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud etka adalah prinsip, norma dan standar prilaku yang mengatur individu maupun kelompok yang membedakan apa yang benar dari apa yang salah. Etika merupakan apa yang anda lakukan , bukan apa yang anda katakan. Kepatuhan pada etika belum cukup, akan tetapi aplikasi dari etika itulah yang kunci utama. Contoh aktivitas sehari-hari yang bersinggungan dengan etika.

Dari uraian pengertian etika diatas ,apabila dihubungkan dengan praktik bisnis (aktivitas guna meningkatkan nilai tambah barang dan jasa) maka yang dimaksud dengan etika bisnis adalah cara-cara atau prilaku etika dalam bisnis yang dilakukan oleh manajer/kru. Semua ini mencakup bagaimana kita menjalankan bisnis secara adil (fairness),sesuai dengan hukum yang berlaku (legal) tidak bergantung pada kedudukan individu ataupun perusahaan dimasyarakat.

Sumber : https://dogetek.co/