4

Dayah Perbatasan Sebagai Benteng Utama

Dayah Perbatasan Sebagai Benteng Utama

Dayah Perbatasan Sebagai Benteng Utama

Dayah Perbatasan Darul Amin Tanoh Alas Kabupaten Aceh Tenggara , Minggu pagi 19 Agustus 2018, menggelar Apel Tahunan 2018.

Apel tahunan dalam rangka milad ke 20 sebagai tanda dimulainya proses belajar mengajar bagi santri baru tahun ajaran 2018/2019 tersebut berlangsung di lapangan kompleks pesantren di Desa Tanoh Alas, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara.

Plt Gubernur Aceh, Ir Nova Iriansyah MT, yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah EL Madny bertindak sebagai inspektur upacara dalam apel yang diikuti seluruh santri pesantren tersebut. Selain pimpinan, turut juga hadir Rais ‘Am (pimpinan umum), Muchlisin Desky, guru, dan orangtua santri dayah setempat, apel itu juga dihadiri Muspika Aceh Tenggara serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Daya Aceh, Usamah El Madny dalam amanatnya

antara lain mengajak santri di Dayah Perbatasan Darul Amin dan semua pihak yang bergerak di bidang pendidikan agar terus mengembangkan nilai disiplin sebagai jatidiri atau menjadi salah satu nilai karakter prioritas dalam proses belajar mengajar.

Menurutnya,dayah perbatasan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara sangat berperan sebagai benteng utama dalam mereduksi pendangkalan akidah.

“Keputusan orang tua yang menempatkan putra-putri di dayah sangatlah tepat,” ujar Usamah El Madny.

Dalam sambutannya, Usamah juga menyampaikan, peran dayah disamping berguna bagi kesuksesan dunia

dan akhirat juga sebagai pusat pembina karakter yang berkepribadian luhur. Menurutnya, kedisplinan dan kejujuran merupakan faktor penting untuk mencapai kesuksesan, termasuk dalam bidang pendidikan.

Dikatakan, Pemerintah Aceh mempunyai tanggung jawab besar terhadap dayah perbatasan Aceh yang langsung berbatasan dengan provinsi Sumatera Utara. Keempat dayah perbatasan yang dimaksud adalah Dayah Perbatasan Darul Amin Kabupaten Aceh Tenggara, Dayah Perbatasan Minhajussalam Kota Subulussalam, Dayah Perbatasan Safinatussalamah Kabupaten Aceh Singkil dan Dayah Perbatasan Manarul Islam Kabupaten Aceh Tamiang.

“Peran aktif dan dukungan dari semua pihak sangatlah penting dalam membina generasi putra putri Aceh

Tenggara secara khusus. Pemerintah Aceh tanpa bantuan dari semua elemen tidak akan berjalan efektif karena ini pintu sentral utama menuju Provinsi Sumatera Utara,” ujarnya.

Sebelumnya dimulainya apel tahunan, Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Usamah El Madny juga turut dipeusijuek atau ditepungtawari oleh Rais ‘am Dayah Perbatasan Darul Amin. Pada apel tahunan tersebut juga turut dimeriahkan dengan beranekaragam atraksi seperti pencak silat, marching band, Pramuka, penampilan tari se nusantara.

 

Sumber :

https://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/sejarah-masuknya-islam-ke-indonesia/