8

739 Mahasiswa Universitas Terbuka Bandung Diwisuda

739 Mahasiswa Universitas Terbuka Bandung Diwisuda

739 Mahasiswa Universitas Terbuka Bandung Diwisuda

Universitas Terbuka Bandung mengelar Upacara Penyerahan Ijazah di Balai Sartika

, Kamis (7/2/2019). Sebanyak 739 Wisudawan yang berhasil tersebut berasal dari program Magister, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Ekonomi.

Rektor Universitas Terbuka Bandung, Ojat Darojat menyambut bahagia para wisudawan dengan bangga. Ia menyampaikan bahwa perkuliahan mahasiswa yang hanya mengandalkan interaksi jarak jauh ini ternyata cukup efektif. “Univeritasi ini mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi yang berkembang di era digital, bahkan hal ini dapat dijadikan percontohan bagi universitas umum di Indonesia,” ujar Rektor UT Bandung.

Lebih lanjut, Rektor UT Bandung mengatakan bahwa Univeristas terbuka merupakan

perguruan tinggi yang memiliki mahasiswa terbanyak di Indonesia dibandingkan dengan PTN dan PTS. Hampir sekitar 320.000 mahasiswa setiap tahunnya tersebar di seluruh Indonesia.

“UT sudah seharusnya melayani rakyat Indonesia dan mengabulkan impian masyarkat dalam memenuhi haknya untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, serta mengimplementasikan kecanggihan teknologi dalam pembelajaran,” tuturnya.

Seiring bekembangnya teknologi internet dan komputer, UT semakin tumbuh dengan pesat setelah 34 tahun

mebantu pendidikan di Indonesia. Kemajuan tersebut terlihat dari segi registrasi yang telah dilakukan secara online, bahan ajar mahasiswa yang bisa diunduh melalui internet oleh mahasiswa.

“Bahkan ujian akhir pub dilakukan dengan berbasis web atau online, sehingga ujian bisa dilakukan dimanapun mahasiswa berada. Tetapi harus tetap terhubung dengan jaringan,” ujar Rektor UT Bandung.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dewi Sartika menyampaikan rasa apresiasi yang tinggi kepada para wisudawan. Dengan menyinggung, bahwa angka kependudukan yang semakin tinggi di Jawa Barat memiliki potensi antara keuntungan dan tantangan tersendiri bagi pendidikan.

“Dengan hadirnya UT di Jawa Barat dapat berkolaborasi membangun pendidikan di Jawa Barat serta membantu mewujudkan visi Pemrov Jabar untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin,” tutup Kadisdik Jabar dalam sambutannya.

 

Baca Juga :